Hai rekan-rekan mahasiswa/i, saya akan membagikan Judul Skripsi / Tugas Akhir Teknik Informatika secara GRATIS.
Hai. Kenalkan nama saya la ode musrin. Saya berprofesi sebagai salah satu praktisi TI (teknik informatika) di organisasi Intel.com. Terlebih dahulu, saya ucapkan selamat datang di blog konsultasi ini. Di blog ini, saya akan membagikan judul skripsi atau tugas akhir teknik informatika kepada rekan-rekan mahasiswa/i di seluruh Indonesia.
Artificial Intelligence (AI)
Artificial Intelligence (AI) adalah suatu topik yang berbicara mengenai kecerdasan buatan. Bagaimana komputer berkelakuan atau bertindak seperti halnya manusia, dalam menyelesaikan suatu masalah. AI memiliki teknik/konsep yang dapat diterapkan untuk memecahkan masalah. Beberapa teknik dasar adalah metode pencarian breadth first search, depth first search, pencarian heuristik, dll. Hingga saat ini, aplikasi AI yang paling jelas dapat dilihat pada program catur yang berhasil mengalahkan Gary Kasparov (GM Catur No.1 di Dunia, padahal belum tentu pembuat program tersebut dapat mengalahkan Gary Kasparov). Aplikasi lain adalah Robot buatan Jepang yang dapat merespons dan mengenali wajah manusia.
Bila anda memiliki pertanyaan seputar bidang AI dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.
Contoh topik skripsi teknik informatika yang berhubungan dengan AI adalah algoritma penyelesaian masalah kendi air (water jug problem), masalah penyusunan blok, masalah pergeseran angka (number puzzle), algoritma pencarian Breadth First Search, Depth First Search, algoritma pencarian heuristik, dll.
Game Jaringan
Game Jaringan sering juga disebut multiplayer game, karena dapat dimainkan oleh beberapa user sekaligus dalam suatu jaringan (apakah itu jaringan lokal LAN atau jaringan internet). Game jaringan sangat populer karena alasan kenyamanan dan ruang (space). User tidak perlu berebut pandangan dalam satu monitor dengan user lain, user dapat merancang strategi permainan di depan komputernya sendiri, tidak terbatas oleh ruang (antar kamar, gedung bahkan antar negara). Game Jaringan yang sederhana dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Visual Basic dan menggunakan komponen Winsock.
Bila anda memiliki pertanyaan mengenai pembuatan game jaringan dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.
Contoh game jaringan yang bisa dijadikan topik skripsi teknik informatika adalah game Halma online, game Tic-Tac-Toe online, game Battle Ship online, game Othello online, game Domino online dan banyak lagi permainan antara beberapa orang yang dapat dibuat menjadi game jaringan.
Metode Kriptografi
Kriptografi berbicara mengenai sekuritas atau keamanan. Dalam dunia teknologi seperti ini, keamanan data adalah sesuatu yang mutlak dimana semua data disimpan dalam bentuk digital. Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara menyamarkan pesan dan mengembalikannya ke bentuk semula sehingga bila data terjadi penyadapan, pihak yang menyadap tidak akan mendapatkan informasi / data asli karena data asli telah disamarkan. Teknik penyamaran ini disebut enkripsi dan teknik untuk mengembalikannya disebut dekripsi.
Bila anda memiliki pertanyaan seputar bidang kriptografi dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.
Contoh topik skripsi teknik informatika yang berhubungan dengan kriptografi adalah metode enkripsi/dekripsi Data Encryption Standard (DES), metode GOST, fungsi hash satu arah MD5, metode tanda tangan digital, dll.
Algoritma Pemograman & Struktur Data
Algoritma Pemograman dan Struktur Data membahas algoritma-algoritma yang digunakan secara teknis dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah algoritma pengurutan, algoritma pencarian, struktur algoritma yang baik, dll. Secara kasat mata, banyak pihak berpikir bahwa pencarian dan pengurutan adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Padahal dari sisi teknis TI, pencarian dan pengurutan tidaklah semudah yang dipikirkan. Bisa anda bayangkan bagaimana Google mencari keyword yang anda masukkan dalam milyaran halaman web, mengindeks atau mengurutkannya berdasarkan prioritas dan menampilkannya ke browser web anda dalam hitungan kurang dari 0.5 detik. Hal2 seperti inilah yang dibahas dalam algoritma pemograman dan struktur data.
Bila anda memiliki pertanyaan mengenai bidang ini dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.
Contoh topik skripsi teknik informatika yang berhubungan dengan algoritma pemograman & struktur data adalah algoritma pencarian hash-search, pengurutan quick-sort, merge-sort, heap-sort, tower-of-hanoi, pohon ekspresi, link list, dll.
Sistem Informasi (Database / Basis Data)
Basis data (database) tidak hanya merupakan kumpulan file. Lebih dari itu, basis data adalah pusat sumber data yang caranya dipakai oleh banyak pemakai untuk berbagai aplikasi. Inti dari basis data adalah database management system (DBMS), yang membolehkan pembuatan, modifikasi, dan pembaharuan basis data; mendapatkan kembali data; dan membangkitkan laporan.
Tujuan basis data yang efektif yaitu:
1. Memastikan bahwa data dapat dipakai di antara pemakai untuk berbagai aplikasi.
2. Memelihara data baik keakuratan maupun kekonsistenannya.
3. Memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk aplikasi sekarang dan yang akan datang akan disediakan dengan cepat.
4. Membolehkan basis data untuk berkembang dan kebutuhan pemakai untuk berkembang.
5. Membolehkan pemakai untuk membangun pandangan personalnya tentang data tanpa memperhatikan cara data disimpan secara fisik.
Bila anda memiliki pertanyaan mengenai pembuatan sistem informasi - basis data / database dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.
Contoh topik atau judul skripsi yang berhubungan dengan sistem informasi - basis data / database adalah 'Sistem Informasi Perparkiran', 'Sistem Informasi Pembelian, Penjualan dan Persediaan', 'Sistem Informasi Pembukuan General Ledger' dan 'Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit'.
Logika Matematika
Logika Matematika membahas pendekatan yang dilakukan untuk menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan yang diberikan atau beberapa realita yang terjadi. Contoh topik yang dibahas dalam logika matematika adalah kalkulus proposisi. Dalam ilmu ini, dijabarkan cara mendapatkan tabel kebenaran dari suatu ekspresi logika. Operasi logika yang biasanya digunakan adalah AND, OR, XOR, IMPLIKASI, BIIMPLIKASI dan operasi logika lainnya.
Bila anda memiliki pertanyaan seputar bidang logika matematika dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.
Contoh topik skripsi teknik informatika yang berhubungan dengan logika matematika adalah kalkulus proposisi, metode Quine-McCluskey untuk menyederhanakan fungsi boolean, dll.
Matematika Diskrit
Matematika diskrit adalah cabang matematika yang membahas segala sesuatu yang bersifat diskrit (tidak saling berhubungan). Beberapa hal yang dibahas dalam matematika ini adalah teori himpunan, teori kombinatorial, permutasi, relasi, fungsi, rekursif, teori graf, dan lain-lain. Matematika diskrit merupakan mata kuliah utama dan dasar untuk bidang ilmu komputer atau informatika.
Bila anda memiliki pertanyaan mengenai Matematika Diskrit dalam skripsi anda, anda dapat membahasnya melalui forum ini, klik tulisan comments di bawah dan tuliskan pertanyaan atau komentar anda.
Contoh topik skripsi teknik informatika yang berhubungan dengan Matematika Diskrit adalah penyelesaian masalah jembatan konigsberg, pewarnaan simpul graf dengan algoritma Welch-Powell, chinese remainder problem, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar